PENGERTIAN ALAT PHOTOMETER

 


Fotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur pencahayaan atau penyinaran. Seperti penerapan di fotometry industri, suatu "fotometer" adalah kata umum yang meliputi alat-alat untuk mendeteksi:
  • intensitas cahaya hamburan
  • penyerapan
  • fluoresensi
Kebanyakan fotometer berlandaskan pada sebuah fotoresistor[1] atau fotodioda. Masing-masing mengalami perubahan sifat kelistrikan ketika disinari cahaya, yang selanjutnya dapat dideteksi dengan suatu rangkaian elektronik tertentu. (wikipedia)
Alat ini memliki fungsi untuk mengukur intensitas atau kekuatan cahaya suatu larutan. Sebagian besar laboratorium klinik menggunakan alat ini karena alat ini dapat menentukan kadar suatu bahan didalam cairan tubuh seperti serum atau plasma. Polarimetri adalah meteode yang digunakan untuk analisis komponen menggunakan polarimeter.
Photometer memiliki 2 jenis yaitu Photometer portabel dan non portabel. 
Sebelum mengunakan Photometer pasti kan kuvet telah terpasang dan pompa peristaltik telah di lingkari selang. Kabel di hubungkan dengan arus listrik 220 V. Untuk memilih metode yang di gunakan di pilih pada touch screen,semua pengaturan dapan kita atur pada alar tersebut.
Cara perawatan nya dengan membilas aquabides serta dihindari dari pelarut yang bersifat korosif. Lampu halogen di matikan setiap setelah digunakan. Pembersih yang digunakan dapat berupa campuran detergen,alkohol dan air atau menggunakan sodium hipoklorit


 
Share on Google Plus

About SASMEDICA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar